PROFIL
PROFIL
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
KONTAK
KONTAK
TRANSPARANSI KEUANGAN
TRANSPARANSI KEUANGAN
SATU DATA
SATU DATA
LAIN-LAIN
LAIN-LAIN

Tanggulangi Sampah, Lurah Panjer Resmikan Bank Sampah Alam Asri

Tanggulangi Sampah, Lurah Panjer Resmikan Bank Sampah Alam Asri

Dalam upaya meningkatkan pelestarian lingkungan dan penanggulangan sampah di wilayah Kelurahan Panjer, Rabu (13/7/2022) Lurah Panjer I Putu Budi Ari Wibawa meresmikan Bank Sampah Alam Asri yang dibentuk di TPS 3R Paku Sari (Jl. Tukad Citarum N No. 1, Lingkungan Kertasari). 

Beberapa pejabat terlihat hadir dalam acara peresmian tersebut antara lain Bandesa Adat Panjer, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Denpasar Selatan, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan Kota Denpasar dan Ketua DPD ASOBSI Denpasar.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kelurahan Panjer bersama TPS 3R Paku Sari dalam mengimplementasikan Peraturan Walikota Denpasar No. 45 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Reuse, Reduce, dan Recycle Melalui Bank Sampah. Melalui keberadaan Bank Sampah Alam Asri ini diharapkan mampu membantu Pemerintah Kota Denpasar dalam mengatasi permasalahan sampah di tingkat desa/kelurahan khususnya dalam penanganan sampah anorganik.

Dalam acara peresmian tersebut Lurah Panjer mengharapkan seluruh stakeholders terkait agar memaksimalkan keberadaan Bank Sampah Alam Asri. "Dengan adanya Bank Sampah (Alam Asri) di TPS 3R Paku Sari, saya mengharapkan semua pihak dan stakeholders terkait di wilayah Kelurahan Panjer agar memaksimalkan dengan baik keberadaannya serta harus mampu mengetoktularkan ke lingkungan sekitarnya. Tempatnya kalau disini kan umum siapapun bisa membawa sampah anorganiknya kesini, jadi tidak alasan warga enggan datang karena beda banjar dan lain sebagainya," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Budi Ari juga menyampaikan kedepannya seluruh perangkat kelurahan akan diwajibkan untuk menjadi nasabah Bank Sampah Alam Asri. "Seluruh perangkat kelurahan termasuk kepala lingkungan akan diwajibkan untuk membawa sampah anorganiknya minimal 1 bulan sekali ke kantor sekaligus menjadi nasabah bank sampah, aparat harus menjadi contoh untuk warganya, tidak hanya bisa memberitahu, " tambahnya. 

Di samping peresmian Bank Sampah Alam Asri, juga dilakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) Lurah Panjer tentang Pembentukan Bank Sampah Alam Asri kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar serta penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Bank Sampah Alam Asri dengan Eco Bali selaku pihak yang akan membeli sampah anorganik sekaligus memberikan pembinaan kepada tenaga pemilah agar sampah yang dibeli tersebut memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Bank Sampah Alam Asri nantinya akan buka setiap hari dengan jam pelayanan dari 08.00 - 14.00 WITA. 

Share
Tags